kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
NATIVE /

LMAN Sebagai Katalis Pembebasan Lahan Tol Kunciran-Serpong


Senin, 09 Desember 2019 / 21:06 WIB
LMAN Sebagai Katalis Pembebasan Lahan Tol Kunciran-Serpong
ILUSTRASI. LMAN - Kontan Native Online

KONTAN.CO.ID - Pada hari ini, Jumat (6/12) telah dilaksanakan peresmian Jalan Tol Kunciran-Serpong oleh Presiden Joko Widodo yang dihadiri pula oleh beberapa pejabat diantaranya adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BPJT Danang Parikesit, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diani, dan Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari.

Jalan tol Kunciran-Serpong merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang ditetapkan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Salah satu tahapan kunci dalam pembangunan infrastruktur tersebut adalah pembebasan lahan. Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) merupakan Lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan pembayaran pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk untuk pembebasan lahan ruas jalan tol Kunciran-Serpong.

LMAN - Kontan Native Online

Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari mengatakan, “Pembebasan lahan merupakan proses awal yang krusial dalam pembangunan infrastruktur. Dan LMAN telah menyelesaikan pembayaran pembebasan lahan untuk pembangunan tol Kunciran Serpong ini dengan nilai 2,9 Triliun rupiah.”

Nilai tersebut adalah pembayaran untuk 1.556 bidang tanah dengan luas total 672.330 meter persegi, dan dibayarkan menggunakan mekanisme dana talangan. Dengan mekanisme tersebut, LMAN membayarkan dana pembebasan lahan melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dalam hal ini adalah PT Marga Trans Nusantara. LMAN akan membayarkan dana pembebasan lahan setelah seluruh proses penagihan dan dokumen pembayaran telah lengkap diterima dan dilakukan verifikasi oleh Lembaga/Kementerian terkait.

LMAN - Kontan Adv Online

Dalam proses pembayaran pembebasan lahan jalan tol, LMAN juga bersinergi bersama Kementerian/Lembaga terkait, seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan menjunjung tinggi penerapan Good Corporate Governance di setiap prosesnya.

Dengan terselesaikannya pembayaran pembebasan lahan, LMAN berperan dalam akselerasi pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional, karena tanpa pembebasan lahan, maka pembangunan infrastruktur tidak dapat segera diwujudkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×