kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45959,94   -10,60   -1.09%
  • EMAS1.461.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%
NATIVE /

Bagaimana Menjadi Influencer? Memahami Konsep dan Langkah-Langkahnya


Rabu, 19 Juni 2024 / 16:22 WIB
Bagaimana Menjadi Influencer? Memahami Konsep dan Langkah-Langkahnya
ILUSTRASI. Dok. Freepik

KONTAN.CO.ID - Menjadi seorang influencer saat ini adalah impian banyak orang. Ini karena influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan orang lain  dengan kredibilitas, pengetahuan, dan hubungan mereka dengan audiens.

Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan arti influencer dan bagaimana langkah-langkah untuk menjadi seorang influencer yang sukses. Selain itu, kami juga akan mengajak Anda untuk bergabung dengan Shopee Affiliate Program dan memanfaatkan Shopee Live untuk berbelanja dengan promo menarik.

Arti Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain melalui media sosial atau platform digital lainnya. Mereka biasanya memiliki jumlah pengikut yang signifikan dan dipercaya oleh audiens mereka.

Influencer bisa berasal dari berbagai latar belakang. Saat ini influencer tidak hanya selebriti, atau ahli di bidang tertentu. Sebab, siapapun individu yang mampu memengaruhi masyarakat dalam jumlah besar dapat dikatakan sebagai influencer.

Langkah-Langkah Menjadi Influencer

1.   Pilih Niche yang Tepat

Memilih niche atau bidang yang sesuai dengan minat dan keahlian adalah langkah pertama. Niche yang spesifik akan membantu dalam menargetkan audiens yang tepat dan membangun komunitas yang setia.

2.   Buat Konten Berkualitas

Konten adalah kunci utama untuk menarik dan mempertahankan pengikut. Pastikan konten yang dibuat adalah konten yang informatif, menarik, dan sesuai dengan minat audiens. Untuk melakukan hal ini, gunakan foto atau video berkualitas tinggi dan tulislah caption yang menarik.

3.   Konsistensi adalah Kunci

Posting secara konsisten adalah salah satu faktor penting dalam membangun audiens yang setia. Buat jadwal posting dan patuhi jadwal tersebut. Konsistensi membantu meningkatkan visibilitas Anda di platform media sosial.

4.   Interaksi dengan Pengikut

Bangun hubungan yang baik dengan pengikut  dengan cara berinteraksi dengan mereka. Balas komentar, lakukan sesi tanya jawab, atau adakan giveaway. Interaksi ini akan meningkatkan keterlibatan (engagement) dan membuat pengikut merasa dihargai.

5.   Manfaatkan Platform yang Tepat

Setiap platform media sosial memiliki karakteristik dan audiens yang berbeda. Pilihlah platform yang sesuai dengan konten dan audiens yang ingin dijangkau. Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter adalah beberapa platform yang populer di kalangan influencer.

6.   Analisis dan Tingkatkan

Pantau kinerja konten  dengan menggunakan alat analitik yang tersedia di platform media sosial. Perhatikan apa yang bekerja dan apa yang tidak, lalu lakukan perbaikan berdasarkan data tersebut. Analisis ini akan membantu dalam memahami audiens dan meningkatkan strategi konten.

Menjadi Influncer dengan Bergabung dengan Shopee Affiliate Program

Untuk memperluas jangkauan dan mendapatkan penghasilan tambahan, salah satu yang dapat dilakukan adalah bergabung dengan Shopee Affiliate Program. Program ini memungkinkan untuk melakukan promosi produk dari Shopee dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk bergabung:

1.    Daftar di Shopee Affiliate Program

Kunjungi halaman Shopee Affiliate Program dan daftar sebagai affiliate. Proses pendaftaran cukup mudah dan cepat.

2.    Pilih Produk untuk Dipromosikan

Pilih produk yang relevan dengan niche untuk dipromosikan. Setelah itu, gunakan link afiliasi yang disediakan untuk membagikan produk tersebut di media sosial atau blog.

3.    Bagikan Link Afiliasi

Bagikan link afiliasi di berbagai platform tempat yang biasa digunakan. Pastikan untuk memberikan ulasan atau rekomendasi yang jujur dan informatif tentang produk tersebut.

4.    Dapatkan Komisi

Setiap kali seseorang membeli produk melalui link afiliasi, influencer akan mendapatkan komisi. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan sambil terus membangun citra sebagai influencer.

Manfaatkan Shopee Live untuk Berbelanja

Selain menjadi influencer, Shopee Live juga bisa dimanfaatkan untuk berbelanja dengan berbagai promo menarik. Fiitur Shopee Live memungkinkan untuk mengikuti live streaming shopping dengan berbagai penawaran spesial seperti promo gratis ongkir dan Semua Diskon Murah s/d 80% (S&K berlaku). Berikut adalah beberapa langkah untuk berbelanja di Shopee Live:

1.    Buka Aplikasi Shopee

Buka aplikasi Shopee dan pilih Shopee Live di halaman utama.

2.    Ikuti Live Streaming

Tonton live streaming dari berbagai seller yang menawarkan produk dengan promo menarik.

3.    Beli Produk dengan Promo

Selama live streaming, barang yang ditawarkan dapat langsung dibeli promo dan menikmati gratis ongkir (S&K berlaku).

Menjadi influencer membutuhkan komitmen, konsistensi, dan strategi yang tepat. Dengan memilih niche yang sesuai, membuat konten berkualitas, dan berinteraksi dengan audiens, Anda bisa membangun pengaruh yang signifikan. Selain itu, manfaatkan peluang seperti Shopee Affiliate Program untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan lupa untuk juga memanfaatkan live streaming shopping untuk berbelanja dengan promo menarik. Selain itu Shopee Live juga menawarkan promo Promo Gratis Ongkir dan Semua Diskon Murah s/d 80% (S&K Berlaku).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×