kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.43%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Bank Mandiri Gandeng Telkomsel & LinkAja Percepat Pembiayaan UMKM


Rabu, 09 September 2020 / 06:34 WIB
Bank Mandiri Gandeng Telkomsel & LinkAja Percepat Pembiayaan UMKM

PT Bank Mandiri terus memperluas dan mempertajam implementasi sistem perbankan digital untuk segmen mikro. Salah satunya dengan menggandeng Telkomsel dan LinkAja dalam penyaluran fasilitas kredit mikro produktif.

Kerjasama ini memungkinkan Bank Mandiri menyalurkan pembiayaan secara digital terhadap lebih dari 500 ribu mitra Telkomsel dan LinkAja yang mengajukan kredit melalui aplikasi Digipos. Proses pengajuan hingga kepastian pembiayaan dipastikan selesai dalam waktu kurang dari 24 jam.

“Kerjasama ini mendukung upaya Bank Mandiri untuk memperluas jangkauan kepada pelaku UMKM dengan metode yang non-konvensional, yaitu melalui skema digital lending,” kata Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi, Selasa (8/9/2020).

Hery menjelaskan kerjasama ini merupakan bentuk kolaborasi antar BUMN dalam pemanfaatan teknologi digital demi memperkuat peran UMKM sebagai motor penggerak ekonomi nasional. Ia meyakinkan penyaluran pembiayaan tetap akan dilakukan dengan prinsip  kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik (GCG).

Dia juga memastikan perluasan penggunaan sistem perbankan digital dalam penyaluran pembiayaan akan terus dilakukan perseroan, salah satunya dengan berpartisipasi dalam inisiatif Open Banking.

“Dengan penerapan teknologi berbasiskan API, integrasi dengan mitra Bank Mandiri dapat dilakukan dengan mudah. Dalam waktu dekat Bank Mandiri akan membuka akses ke lebih banyak lagi layanan perbankan melalui API,” tambahnya.

Bank Mandiri telah menyalurkan kredit mikro sebesar Rp116,3 triliun hingga Juni 2020. Nilai tersebut tumbuh 5,37 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dalam konteks penanganan dampak ekonomi akibat Covid-19, Bank Mandiri sudah merealisasikan penyaluran kredit senilai Rp26,9 triliun kepada 50.596 debitur hingga 13 Agustus 2020.

Tercatat ada 33.828 debitur UMKM yang sudah menerima penyaluran kredit tersebut. Penyaluran pembiayaan tersebut bersumber dari penempatan uang negara di bank-bank BUMN dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).


Reporter: Tim KONTAN
Editor: indah sulistyorini
Tag

TERBARU

×