kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.24%
  • RD.CAMPURAN -0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Beri Kontribusi Nyata, Bank Muamalat Raih Penghargaan TOP CSR Awards


Selasa, 04 Agustus 2020 / 09:44 WIB
Beri Kontribusi Nyata, Bank Muamalat Raih Penghargaan TOP CSR Awards
ILUSTRASI. Direktur Bisnis Ritel Purnomo B. Soetadi (Berdiri di tengah)

KONTAN.CO.ID - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. meraih penghargaan “Star 3” dalam ajang TOP CSR Awards 2020. Apresiasi ini diterima langsung oleh Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi pada tanggal 29 Juli 2020.

Penghargaan ini diterima berkat kerja keras Bank Muamalat dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) secara komprehensif dan terstruktur, mencakup governance structure, process, dan outcome. Pada tahun 2018 dan semester pertama 2019 peringkat GCG untuk Bank Muamalat ada di posisi 3 yang artinya Bank Muamalat telah menerapkan GCG cukup baik.

Tak hanya menerapkan GCG dengan baik, Bank Muamalat juga telah menjalankan strategi bisnis yang berkelanjutan, antara lain dengan menjalankan bisnis yang memberikan kemudahan kepada masyarakat, memberikan edukasi perbankan syariah, serta corporate campaign yang mengajak nasabah dan masyarakat untuk memberikan kontribusi sosial.

Selain itu, Bank Muamalat dinilai telah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui sejumlah program CSR (Corporate Social Responsibility) yang juga sejalan dengan program nawacita pemerintah.

Program Andalan

Program CSR andalan Bank Muamalat yang pernah dan sedang dijalankan antara lain Hapus Tato Gratis, Balai Ternak Domba Cimande, serta Rumah Berkah Muamalat.

Program Hapus Tato Gratis ditujukan kepada masyarakat muslim yang ingin membersihkan tubuhnya dari tato. Program ini merupakan salah satu bentuk sustainability dari program Hibah Mobil yang dilakukan Bank Muamalat sejak tahun 2017.

Program ini telah menjangkau lebih dari 5.000 orang sejak tahun 2018 dan 2019 mulai dari anak jalanan hingga narapidana. Selain itu, ini juga merupakan salah satu sarana literasi keuangan sekaligus untuk mengakuisisi nasabah baru.

Sementara itu, Balai Ternak Domba Cimande merupakan sebuah bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat yang telah dilaksanakan di Bogor dan sekitarnya. Program ini telah berlangsung setahun penuh sejak Desember 2018 hingga Desember 2019 dengan penerima dana adalah petani, buruh, dan pengangguran.

Melalui pendampingan  dan pembinaan rutin program Balai Ternak Domba Cimande telah berhasil membantu menaikkan pendapatan peternak sebesar Rp350.000 hingga Rp500.000 per bulan. Program ini juga menyediakan sistem ekonomi bagi para peternak dalam menjual hasil usahanya.

Bank Muamalat juga telah menjalankan program Rumah Berkah Muamalat bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Baitulmaal Muamalat. Ini merupakan program renovasi rumah tak layak huni milik masyarakat miskin Indonesia yang luput dari perhatian pemerintah. Di tahun 2020 ini program Rumah Berkah Muamalat menargetkan akan merenovasi 100 rumah di Ambon dan 10 rumah di Karawang.

Dalam setiap kegiatan CSR yang dilakukan oleh Bank Muamalat, manajemen Bank Muamalat selalu berkomitmen untuk hadir dan berpartisipasi. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan bisnis Bank Muamalat sebagai upaya perwujudan kontribusi untuk Indonesia yang sejahtera.


Reporter: Native Team
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU

×