kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS876.000 -1,35%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Ingin meningkatkan uang tabungan? Cek 4 tips berikut


Senin, 20 Januari 2020 / 11:12 WIB
Ingin meningkatkan uang tabungan? Cek 4 tips berikut
ILUSTRASI. Akseleran - Kontan Native Online

KONTAN.CO.ID - Apakah kamu sudah mempunyai target tabungan di tahun ini? Atau mungkin kamu salah satu orang yang memiliki anggapan bahwa menabung adalah hal yang sulit untuk dilakukan? Apapun itu, tidak dapat dipungkiri kalau menabung membutuhkan kemauan ekstra dan kesadaran finansial yang ditanamkan sejak dini.

 

Juga tidak heran jika mereka yang belum menabung bingung harus memulai dengan cara apa, bingung untuk memulai nabung dimana dan berbagai macam alasan lainnya.

 

Ingat pepatah “semakin dini kamu menabung, maka akan semakin banyak pula tabungan yang dimiliki di masa depan”. Dengan memiliki tabungan yang cukup di masa depan, tentu kamu akan lebih tenang dalam menjalani hari tuamu. Maka dari itu, pastikan nilai tabunganmu terus meningkat tiap tahunnya. Bagaimana caranya? Simak jawabannya berikut

 

Tips Supaya Nilai Tabunganmu Meningkat

 

Selalu menimbang-nimbang sebelum membeli

Mulailah dengan menghindari membeli hal-hal yang kurang berguna. Terlebih lagi, di saat ini banyak penawaran cashback atau diskon, sehingga semakin besar godaan yang bisa membuat kamu terlena untuk menjadi lebih konsumtif.

Maka dari itu, satu hal yang perlu kamu ingat sebelum kamu berbelanja: semakin besar uang yang kamu gunakan untuk berbelanja, sekalipun dengan diskon dan cashback, semakin kecil uang yang bisa kamu sisihkan untuk tabungan.

 

Sering meminjam uang? Kurangi mulai sekarang

Kurangi meminjam uang, terutama pinjaman yang berbunga, selain untuk keadaan darurat. Karena jumlah uang yang kamu pinjam pada umumnya disertai dengan bunga, sehingga biaya yang kamu keluarkan sebenarnya lebih besar. Jadi sebelum meminjam uang, pertimbangkan terlebih dahulu tujuannya. Kadang ada keadaan darurat yang tidak dapat dihindari oleh siapapun seperti sakit dan membutuhkan perawatan. Hal yang tidak terduga ini tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit, sehingga mau tidak mau harus berhutang untuk mencari jalan keluar.

Setelah itu, perhitungkan juga bunga serta cara pembayarannya. Pastikan kamu bisa memenuhi jangka waktu pembayarannya sehingga tidak dibebani dengan denda tambahan dan arus kas kamu pun tetap aman.

 

Jadwalkan penabunganmu

Menabung itu sebagian cermin dari kedisiplinan. Maka dari itu disarankan untuk menjadwalkan kegiatan menabung di waktu yang telah ditentukan beserta nominal yang sudah ditetapkan.  Jika kamu menabung di bank, kamu bahkan bisa mengatur penarikan otomatis langsung dari akun bank ke akun tabungan, sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi.

Dengan ini, kamu pun menjadi lebih disiplin dalam mengatur keuangan kamu dan lebih bijak lagi menggunakan dana yang kamu miliki. Nantinya tanpa disadari, jumlah tabungan kamu pun mulai terasa peningkatannya.

 

Sisihkan juga untuk investasi

Untuk semakin meningkatkan nilai tabunganmu, kamu bisa menyisihkan sebagiannya untuk berinvestasi. Sama halnya seperti menabung, investasi pun harus dilakukan dengan kemauan dan kedisiplinan untuk bisa merasakan hasilnya.

Jika kamu masih pemula dalam dunia investasi dan juga masih dalam proses menabung secara rutin, kamu bisa memulai dengan investasi jangka pendek. Jadi, kamu tidak perlu takut dengan tingkat likuiditas aset keuanganmu. Karena tergantung dari jenis instrumennya, investasi jangka pendek pada umumnya bisa dicairkan dalam jangka waktu relatif cepat.

 

Alternatif investasi jangka pendek di zaman ini

Di era digital seperti sekarang ini memberikan banyak kemudahan dan pilihan terutama untuk pengembangan dana. Salah satu pilihan untuk melakukan pengembangan dana dalam jangka waktu yang relatif lebih pendek adalah dengan menggunakan investasi di Peer-to-Peer (P2P) Lending. Selain itu, nominal awal untuk pengembangan dana di P2P Lending terbilang relatif rendah. Manfaat lainnya dengan mengembangkan dana menggunakan P2P Lending, kamu juga dapat menerima imbal hasil yang relatif besar dengan aman..

Yuk! Mulai sisihkan tabunganmu untuk mengembangkan dana mulai dari sekarang sehingga nilai tabunganmu terus meningkat!

Akseleran - Kontan Native OnlineIngin coba P2P Lending? Mulai dari Rp100 ribu aja

Kalau kamu tertarik mencoba P2P Lending, kamu bisa mencoba platform P2P Lending Akseleran. Akseleran memberikan kesempatan para lender untuk mengembangkan dana dengan imbal hasil hingga 21% per tahun.

Pinjaman di Akseleran ditujukan untuk UKM profitable yang digunakan untuk kegiatan produktif, misalnya sebagai modal untuk pengerjaan proyek baru. Pinjaman seperti ini tentunya lebih aman dibandingkan pinjaman konsumtif. Sehingga para Lender pun memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi kepada ekonomi nasional. Selain itu, lebih dari 99% nilai portofolio pinjaman di Akseleran memiliki agunan dan proteksi asuransi untuk memitigasi risiko gagal bayar.

Akseleran sudah mendapatkan izin penuh dari OJK sehingga semua proses transaksi pastinya sudah melewati pengawasan penuh dari OJK. Di samping itu, Akseleran pun melengkapi setiap dana yang masuk dengan proteksi asuransi untuk memitigasi risiko gagal bayar.

Pendanaan awal yang dapat kamu lakukan di Akseleran juga dapat dimulai hanya dengan Rp100 ribu saja. Bahkan untuk pendaftar baru, kamu dapat menggunakan kode promo KONTAN2020 untuk mendapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu, yang dapat kamu kembangkan untuk menikmati imbal hasil hingga 21% per tahun.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email cs@akseleran.co.id. Kamu juga bisa unduh aplikasi Akseleran dari Google Play atau Apple App Store untuk mengembangkan dana dengan lebih mudah.


Reporter: Adv Team
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU

×