kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Langsung Investasi Saham? Yakin?


Jumat, 26 Maret 2021 / 13:50 WIB
Langsung Investasi Saham? Yakin?
ILUSTRASI. Kontan - Indopremier Native Online

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah investor di pasar modal Indonesia yang terdiri dari investor saham, obligasi, dan reksa dana mengalami peningkatan signifikan. Sampai dengan Februari 2021, BEI mencatat jumlah investor pasar modal telah mencapai 4,5 juta, naik 16,35% atau bertambah 634.000 investor baru dari posisi akhir tahun 2020.

Yang lebih mengejutkan, jumlah investor individu dengan usia di bawah 30 tahun sudah mencapai sebesar kurang lebih 57 persen dengan total aset mencapai hampir 33 triliun rupiah. Tentu ini adalah angka yang menggembirakan, karena menunjukkan bahwa pengetahuan dan kesadaran investasi di kalangan anak muda semakin berkembang.

Namun sangat disayangkan, hingga saat ini masih banyak investor yang gagal dalam investasi saham karena hanya ikut-ikutan lingkungan sosialnya, tanpa mengetahui banyak hal tentang produk yang ingin diinvestasikan. Atau hanya ikut-ikutan saran orang lain saat memilih saham, tanpa melihat apakah tujuan, jangka waktu, dan tingkat risiko yang akan dihadapi sama atau tidak. Padahal sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham, ada beberapa persiapan lho yang harus dilakukan, seperti harus siap secara mental dan memiliki pengetahuan yang cukup.

Siap secara mental, saat memutuskan untuk investasi saham kamu harus siap secara mental. Kamu harus siap menerima penurunan harga pasar, mengalami kerugian, dan menerima keuntungan. Jangan sampai saat terjadi kerugian, karena tidak siap malah jadi trauma tersendiri untuk kamu.

Memiliki pengetahuan yang cukup, dalam berinvestasi kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup seperti analisis emiten sebelum beli saham, analisis performa suatu saham, paham konsep diversifikasi atau dengan kata lain membagi portfoliomu ke dalam beberapa instrumen, serta memahami konsep lump sum dan dollar cost averaging untuk memaksimalkan portfolio.

Lalu jika belum siap mental dan belum cukup memiliki pengetahuan, apakah artinya tidak boleh memulai investasi? Tentu tidak, kamu masih bisa mulai berinvestasi sambil menyiapkan diri di instrumen yang relatif lebih aman, yaitu reksa dana. Di reksa dana, kamu bisa belajar  merasakan langsung pergerakan harga pasar sehingga secara mental kamu dapat lebih siap saat terjadi penurunan, belajar caranya diversifikasi ke dalam beberapa instrumen pasar modal dalam satu portfolio, serta bisa memulai kebiasaan berinvestasi secara rutin.

Tertarik untuk mulai investasi dengan reksa dana? Segera saja mencoba berinvestasi layaknya belanja online dengan menyisihkan Rp 100.000 tiap bulan untuk membelinya. Ya, cukup dimulai dengan modal Rp 100.000 kamu sudah bisa memulai investasi dan belajar banyak hal. 

Untuk mulai berinvestasi reksa dana pun tidak perlu ribet, karena sudah dapat dilakukan secara online. Kamu bisa membeli reksa dana online, kapan saja dan di mana saja berada melalui platform online IPOTFund milik Indo Premier Sekuritas.

IPOTFund adalah supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia yang menawarkan ragam reksa dana terlengkap, dengan 40+ Manajer Investasi (MI) ternama di Indonesia, dan menawarkan lebih dari 270+ produk reksa dana dan ETF yang dapat kamu pilih.

IPOTFund juga menyediakan fitur investasi berkala untuk memudahkan kamu membangun kebiasaan berinvestasi secara rutin. Hanya satu kali pengaturan, dan setelah itu, pembelian reksa dana yang sudah kamu pilih akan terdebet secara otomatis dari bank RDN milikmu.

Tidak seperti penyedia layanan serupa, pengguna tidak perlu repot transfer berulang kali jika membeli reksa dana lebih dari satu, karena seluruh transaksi sudah berbasis Rekening Dana Nasabah (RDN).

Masih bingung memilih produk reksa dana? Jangan khawatir, karena di IPOTFund investor bisa mencari produk reksa dana dengan performa yang stabil melalui fitur Fund Evaluator. Berbeda dengan aplikasi lain, yang hanya bisa mengurutkan produk dengan performa tertinggi saja selama jangka waktu tertentu. Di IPOTFund juga tersedia Fund Comparison, di manainvestor bisa langsung membandingkan performa antar produk reksa dana. Yang tidak kalah pentingnya, dua fitur ini disediakan gratis untuk semua pengguna IPOTFund.

Bagi kalian yang masih pemula dan ingin belajar investasi reksa dana, di IPOTFund juga tersedia fitur Journey. Investor bisa belajar tentang reksa dana sesuai dengan kemampuan, mulai  jenjang beginner (jenjang pemula), intermediate (jenjang menengah), dan advance (jenjang ahli). Semuanya lengkap hanya dalam satu aplikasi dan disediakan secara gratis untuk semua pengguna.

Kontan - Indopremier Native Online

IPOTFund di dalam aplikasi IPOT yang sudah tersedia di Play Store dan App Store ini hadir dengan tiga (3) keunggulan utama yang dapat langsung dinikmati, yakni informasi yang lengkap mulai dari  fund market live, list, comparison, chart, statistic & news,  transaksi yang mudah dan nyaman untuk  subscription, redemption, serta  reporting  yang transparan dan komprehensif untuk portfolio,  transaction history  dan  order status.

Ketika ilmu sudah lebih matang dan mental sudah lebih siap untuk menghadapi pergerakan harga pasar melalui investasi reksa dana, kamu bisa langsung menambahkan saham dan ETF ke dalam portfoliomu tanpa perlu repot untuk membuka akun lain. Karena sekali kamu daftar melalui aplikasi IPOT, kamu bisa langsung transaksi reksa dana, saham, bahkan ETF di dalam satu aplikasi. Asiknya lagi di IPOT kamu bisa mulai pengalaman investasimu tanpa minimum deposit. Hemat waktu, nyaman, murah, dan pastinya mudah kan?

Bagaimana, sudah siap menjadi investor yang cerdas bersama IPOTFund? Karena sama dengan kamu, kami juga percaya bahwa #SemuaBisaInvestasi.


Reporter: Native Team
Editor: Ridwal Prima Gozal
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Excel Master Class: Data Analysis & Visualisation Supply Chain Planner Development Program

×