kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Live Shopping Jadi Tren Belanja! Kira-Kira Kenapa Ya?


Rabu, 13 Desember 2023 / 12:00 WIB
Live Shopping Jadi Tren Belanja! Kira-Kira Kenapa Ya?

KONTAN.CO.ID - Dalam era digital yang terus berkembang, cara orang berbelanja telah mengalami transformasi besar. Salah satu inovasi terbaru yang meraih popularitas tinggi adalah fenomena live shopping. Fenomena ini menghadirkan pengalaman belanja yang interaktif dan dinamis melalui platform daring yang menggabungkan unsur live streaming dengan transaksi jual beli langsung, seperti live shopping.

Pengertian Live Shopping

Live shopping adalah praktik berbelanja secara langsung melalui siaran langsung (live stream) yang dipandu oleh host atau influencer di platform online. Para penonton bisa langsung melihat, berinteraksi, dan membeli produk yang ditampilkan pada saat siaran berlangsung. Konsep ini memungkinkan interaksi dua arah antara pembeli potensial dan penjual, menciptakan pengalaman belanja yang lebih dinamis dan personal.

Kenapa Orang Lebih Suka Membeli Produk Lewat Live Shopping?

  1. Interaksi Langsung: Live shopping memberikan pengalaman interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Hal ini memungkinkan pembeli untuk bertanya langsung tentang produk, mendapatkan informasi yang lebih lengkap, serta melihat produk secara real-time, meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pembeli.
  2. Kesempatan Memperoleh Informasi Lengkap: Dalam live shopping, pembeli dapat melihat demonstrasi produk secara langsung, mengetahui cara penggunaannya, dan mendengar penjelasan secara rinci dari penjual atau influencer yang menjelaskan kelebihan dan manfaat produk dengan lebih detail.
  3. Keterlibatan Emosional: Live shopping mampu menciptakan keterlibatan emosional yang kuat. Dengan interaksi langsung antara host dan penonton, serta komentar dan tanggapan secara real-time, hal ini dapat menciptakan rasa kepemilikan dan keterikatan emosional terhadap produk yang dibeli.
  4. Promosi dan Diskon Langsung: Seringkali, live shopping menawarkan promo dan diskon khusus yang hanya berlaku selama siaran berlangsung. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli yang ingin mendapatkan produk dengan harga lebih terjangkau.

Cara Aman Bertransaksi Jual Beli di Live Shopping

Meskipun live shopping menawarkan pengalaman belanja yang menarik, penting untuk berhati-hati dan memastikan keamanan transaksi. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk transaksi yang aman:

  1. Pilih Penjual Terpercaya: Pastikan untuk berbelanja dari penjual atau platform live shopping yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Tinjau ulasan dan feedback dari pembeli sebelumnya.
  2. Periksa Detail Produk: Pastikan untuk memeriksa detail produk dengan seksama termasuk deskripsi, ukuran, warna, dan informasi lainnya yang relevan sebelum melakukan pembelian.
  3. Konfirmasi Biaya Pengiriman dan Pembayaran: Pastikan bahwa biaya pengiriman dan proses pembayaran telah dijelaskan dengan jelas sebelum Anda menyetujui transaksi. Saran dari penulis bisa menggunakan metode pembayar COD (Cash on Delivery) apabila Anda pertama kalinya melakukan transaksi pembelian produk lewat live shopping. Metode ini meminimalisir penipuan karena Anda akan membayarnya langsung begitu barang diterima.
  4. Verifikasi Identitas Kurir: Saat menerima pesanan, pastikan untuk memverifikasi identitas kurir dan cek keaslian produk sebelum melakukan pembayaran. Sekalian juga untuk melakukan unboxing di depan kurir, apabila memungkinkan. Jangan lupa lakukan unboxing sambil merekamnya agar ada bukti yang kuat apabila terjadi sesuatu pada barang yang dikirimkan.
  5. Simpan Bukti Pembayaran: Simpan bukti pembayaran seperti struk atau kwitansi sebagai referensi jika terjadi masalah terkait pembelian.
  6. Berhati-hati terhadap Penipuan: Waspadai penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan dan hindari memberikan informasi pribadi atau sensitif kepada pihak yang tidak terpercaya.

Live shopping merupakan inovasi yang menarik dalam dunia belanja online, menyediakan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan menyenangkan. Namun, seperti dalam setiap transaksi online, kehati-hatian tetap diperlukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja.

Beli produk incaran Anda hanya di live shopping, belanja di Shopee Live Anda bisa mendapatkan Diskon Murah 2x Sehari, Diskon S/D 40RB di Jam 12 Siang dan Jam 8 Malam. Gunakan metode pembayaran cash on delivery dan COD Cek Dulu di Shopee, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Native Team
Editor: Indah Sulistyorini

TERBARU

×