kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,15   -5,22   -0.70%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.24%
  • RD.CAMPURAN -0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Mau Investasi? Yuk Kenali dan Buka Rekening Dana Nasabah


Senin, 31 Agustus 2020 / 09:00 WIB
Mau Investasi? Yuk Kenali dan Buka Rekening Dana Nasabah

Apakah Anda tertarik mulai berinvestasi di pasar modal? Selain memilih Perusahaan Efek yang tepat, yuk kenali komponen lainnya seperti Rekening Dana Nasabah (RDN) atau sering juga dikenal dengan Rekening Dana Investor (RDI).  

RDN sendiri merupakan rekening dana atas nama Nasabah yang digunakan sebagai rekening penampungan untuk keperluan transaksi jual beli di pasar modal. Rekening ini akan dibuka oleh Perantara Pedagang Efek atau pihak lain yang ditunjuk sesuai peraturan yang berlaku dan wajib dimiliki setiap orang yang ingin bertransaksi di pasar modal.

Dengan RDN, Nasabah dapat secara langsung memonitor saldo pada rekeningnya karena pencatatan dana Nasabah di Bank terpisah dengan pencatatan dana di Perusahaan Efek. Dan setiap bulannya, Nasabah akan dikirimkan mutasi rekening melalui rekening koran elektronik (e-Statement).

PT Bank Permata, Tbk (PermataBank) merupakan salah satu bank yang bekerjasama dengan Perusahaan Efek untuk dapat memberikan fasilitas pembukaan RDN secara digital dimana hanya dalam kurun waktu 1 jam proses pembukaan RDN sudah terproses dan rekening dapat langsung digunakan. Proses verifikasi tatap muka dengan Nasabah dilakukan secara digital dan Nasabah tidak perlu membubuhkan tanda tangan basah pada formulir pembukaan rekening.

Menurut informasi yang kami terima dari PermataBank, proses pembukaan RDN secara digital telah diimplementasikan oleh PermataBank sejak akhir tahun 2018.  Keuntungan lain selain proses pembukaan rekening yang lebih cepat adalah jika Nasabah memiliki rekening tabungan lain di PermataBank, Nasabah juga dapat akses KSEI untuk memonitor portfolio investasi Nasabah yang tercatat di beberapa Perusahaan Efek melalui ATM PermataBank, PermataNet, serta dapat memonitor langsung dana pada RDN menggunakan aplikasi PermataMobileX.

PermataBank juga telah bekerja sama dengan 20 Perusahaan Efek dengan skala besar. Di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, pembukaan secara digital akan semakin memudahkan masyarakat dalam memulai berinvestasi. Hal ini terlihat dari pertumbuhan jumlah akuisisi RDN dalam dua bulan terakhir. Rata-rata jumlah akuisisi mengalami peningkatan dua kali lipat dari rata-rata jumlah akusisi per bulan di kuartal pertama tahun 2020.

PermataBank juga menargetkan peningkatan rekening RDN sebesar 120% dari posisi tahun 2019 dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dari rekening tersebut sebesar 50% selama tahun 2020. Sekarang, PermataBank telah dipercaya oleh lebih dari 100.000 Nasabah RDN. Hal tersebut membuktikan bahwa PermataBank dapat menjadi menjadi pilihan yang tepat untuk pembukaan rekening efek secara mudah dan cepat.

Selain pembukaan rekening RDN secara digital, PermataBank juga menawarkan produk-produk investasi lain seperti reksadana dari Manajer Investasi terkemuka serta obligasi pemerintah melalui  platform mobilebanking dan internet banking  (PermataMobileX dan PermataNet). Untuk informasi lebih lanjut mengenai PermataWealth Management, silahkan mengunjungi www.permatabank.com.


Reporter: Tim KONTAN
Editor: indah sulistyorini

TERBARU

×