kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45956,58   8,13   0.86%
  • EMAS1.017.000 0,30%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Pakai 3 Cara Mudah Ini!


Selasa, 27 Desember 2022 / 08:00 WIB
Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Pakai 3 Cara Mudah Ini!
ILUSTRASI. Kontan - Top Remit Kilas Online

KONTAN.CO.ID - Seiring berjalannya waktu, arus ekonomi serta perdagangan internasional semakin meningkat. Hal ini tentunya dilandasi oleh era globalisasi yang membuat mobilisasi dari satu negara ke negara lainnya menjadi hal yang lumrah. Finder.com sendiri mencatat bahwa warga Indonesia telah mengirimkan total dana sebesar Rp 62,1 triliun melalui jasa remitansi pada tahun 2021. Jika diurutkan, empat negara yang menjadi tujuan paling populer pengiriman uang ke luar negeri adalah: India (7,7 triliun), Tiongkok (5,5 triliun), Thailand (1,7 triliun), dan Jepang (1,1 triliun).

Ada beberapa alasan yang melandasi seseorang diharuskan untuk mengirim uang ke luar negeri. Seperti untuk membiayai anak atau saudara yang sedang melanjutkan studi di luar negeri, memenuhi kebutuhan keluarga yang sedang menetap di negara tetangga, hingga untuk memenuhi kebutuhan transaksi dengan supplier barang impor.

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, layanan transfer uang ke luar negeri kini ramai dipergunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dilatarbelakangi semakin banyaknya cara-cara baru untuk kirim uang dari Indonesia ke luar negeri yang muncul seiring transaksi lintas negara kian bertambah. Bahkan, sekarang masyarakat sudah bisa kirim uang dari kenyamanan rumah. Nah, berikut 3 cara yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu saat ingin mengirimkan uang ke luar negeri:

1. Pakai Aplikasi Topremit

Salah satu aplikasi remitansi online yang paling direkomendasikan adalah Topremit. Hal ini lantaran layanan yang disediakan dapat membantu kirim uang ke luar negeri menjadi lebih cepat, murah dan mudah.

Kamu tak perlu lagi menunggu lama ketika menggunakan Topremit karena uang yang dikirim bisa sampai langsung ke rekening bank penerima mulai dari 5 menit saja. Tergantung dengan negara tujuan yang dipilih, kecepatan dari pengiriman akan berbeda-beda.

Biaya transfer melalui Topremit juga terjangkau, berkisar mulai dari 45 ribu Rupiah saja. Tentu biaya ini akan bervariasi tergantung dengan negara tujuan. Pengguna juga bisa hemat lebih banyak karena remitansi online ini menawarkan kurs yang relatif lebih rendah dan biaya transfer yang bersifat flat. Ini berarti, biaya yang perlu kamu bayar akan tetap sama berapapun nominal uang yang dikirim.

Soal keamanan juga tidak perlu diragukan lagi karena Topremit sudah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia sejak awal berdirinya di tahun 2009 silam. Sebagai pionir yang memperkenalkan cara kirim uang ke luar negeri berbasis online di Indonesia, Topremit juga telah memperoleh penghargaan langsung dari Bank Indonesia sebagai “Penyedia Jasa Transfer Uang Terbaik” di tahun 2019 dan 2022. Saat ini, Topremit sudah dipercaya oleh lebih dari 165.000 pengguna untuk mengirimkan lebih dari 6.5T Rupiah ke 60+ negara di dunia.

2. Menggunakan PayPal

PayPal termasuk salah satu penyedia layanan kirim uang ke luar negeri yang cukup populer. Para pengguna bisa menyimpan saldo, hingga mengirim dan menerima dana dari sesama pengguna PayPal lantaran perusahaan ini menawarkan layanan rekening virtual. Syarat jika ingin mengirimkan uang ke penerima di luar negeri menggunakan aplikasi ini adalah penerima wajib memiliki rekening PayPal juga. Jika penerima ingin menarik saldo dari rekening virtualnya, penerima bisa memindahkan dana dari akun PayPal ke rekening bank pribadi. Penarikan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 16.000 (jika uang yang ditarik tidak melebihi Rp 1,5 juta). Proses ini juga akan membutuhkan waktu beberapa hari agar uang bisa sampai ke rekening bank penerima.

3. Transfer Lewat Bank

Perbankan di Indonesia juga menyediakan layanan transfer uang ke mancanegara untuk nasabah mereka. Terutama untuk kamu yang ingin kirim uang dalam mata uang USD ke berbagai negara, bank bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

Dengan cara ini, pengguna bisa langsung mendatangi bank pilihan dan mengisi formulir yang diperlukan. Transaksi akan langsung diproses selama beberapa hari setelah pengguna memberikan formulir kepada petugas terkait. Tentunya, kecepatan pengiriman akan bergantung pada proses di negara tujuan dan juga perusahaan bank yang kamu pilih. Sama halnya, biaya transfer yang dikenakan bank juga akan berbeda-beda tergantung bank yang kita pilih. Namun, pada umumnya, biaya yang dipatok akan berubah-ubah tergantung dengan nominal dana yang dikirim ke luar negeri.

Nah, itu dia 3 cara mudah yang bisa kamu pakai untuk kirim uang ke luar negeri sesuai dengan kebutuhan kamu. Kini, pilihan untuk transfer uang ke luar negeri sudah semakin banyak. Sehingga, pengiriman dana menjadi semakin cepat, murah, dan tentunya mudah banget untuk kamu pakai! Semoga sekarang kamu nggak perlu bingung lagi jika ingin melakukan transaksi internasional, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Tim KONTAN
Editor: Ridwal Prima Gozal

TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×