kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,92   -21,02   -2.19%
  • EMAS1.464.000 0,21%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Mengapa Usaha Menengah Butuh Teknologi CRM AI untuk Layani Pelanggan


Senin, 19 Agustus 2024 / 16:43 WIB
Mengapa Usaha Menengah Butuh Teknologi CRM AI untuk Layani Pelanggan
ILUSTRASI. Dok. Aivia

KONTAN.CO.ID - Apakah perusahaan Anda sedang berkembang dan memiliki ribuan pelanggan? Yang mana para pelanggan ini dapat memiliki kebutuhan, harapan, dan preferensi yang berbeda. Bagaimana cara memastikan setiap pelanggan merasa dihargai dan tetap loyal dengan produk Anda?

Kini, Anda tidak perlu khawatir! CRM berbasis AI dari Aivia hadir dengan solusi yang efisien untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik, meningkatkan loyalitas, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

CRM Berbasis AI

CRM berbasis AI adalah pengembangan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM) konvensional yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan.

Contoh Penerapan CRM AI:

●      Chatbot

AI chatbot yang dapat berinteraksi dengan pelanggan secara real-time, menjawab pertanyaan, dan menyelesaikan masalah sepenuhnya.

●      Rekomendasi Penulisan Pesan

CRM berbasis AI memungkinkan pembuatan template pesan yang bisa disesuaikan baik dari segi gaya bahasa maupun jumlah kata. Hal ini pasti membantu Anda dalam meningkatkan kualitas dan konsistensi pesan pada pelanggan.

●      Segmentasi Pelanggan

AI dapat membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan karakteristik dan perilaku, sehingga Anda dapat menjalankan kampanye pemasaran yang lebih targeted.

●      Prediksi Churn

AI dapat memprediksi pelanggan mana yang berpotensi untuk berhenti berlangganan, sehingga Anda dapat mengambil tindakan preventif sebelumnya.

CRM berbasis AI tidak hanya menyimpan informasi, tetapi juga berfungsi sebagai asisten  perusahaan Anda dalam mengambil keputusan lebih baik dan tepat waktu berbasis big data.

Tantangan yang Dihadapi Usaha Menengah

●      Skala dan Kompleksitas

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, jumlah pelanggan dan data yang harus dikelola juga meningkat secara eksponensial. Ini membuat proses pengelolaan data menjadi lebih kompleks, lama, dan rentan terhadap kesalahan.

●      Kualitas Pelayanan

Menjaga kualitas pelayanan saat bisnis berkembang adalah tantangan yang besar. Pelanggan mengharapkan pengalaman yang optimal, konsisten, dan personal, namun memenuhi ekspektasi ini bisa sulit dilakukan secara manual.

●      Efisiensi

Perusahaan menengah seringkali memiliki sumber daya yang terbatas. Oleh karena itu, perusahaan selalu mencari cara untuk mengoptimalkan setiap sumber daya yang ada agar tetap kompetitif.

●      Pengambilan Keputusan

Tanpa data yang akurat dan analisis yang mendalam, sulit bagi manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

CRM berbasis AI dapat membantu mengatasi tantangan bisnis dengan mengurangi beban kerja tim melalui otomatisasi tugas rutin seperti follow-up, pengiriman email, dan pelaporan.

Manfaat Integrasi CRM dalam Sistem Bisnis

Menggunakan CRM dalam bisnis memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan tidak menggunakannya. Perbedaan yang akan terjadi ketika Anda menggunakan CRM berbasis AI meliputi:

●      Data Pelanggan Anda terpusat, mudah diakses dan diorganisir

●      Mampu dengan cepat mengerti kebutuhan pelanggan lewat analisis CRM, dapat melayani lebih baik dan meningkatkan kepuasan Pelanggan

●      Mendapatkan gambaran lebih baik tentang kebutuhan dan journey Pelanggan, sehingga membuka peluang baru

●      Peningkatan Produktivitas via akses informasi Pelanggan yang lebih mudah, cepat dan tepat

Dengan otomatisasi di berbagai lini atau divisi perusahaan, tim Anda dapat fokus pada inisiatif strategis untuk pengembangan usaha Anda.

Penggunaan AI dalam Manajemen Hubungan Dengan Pelanggan (CRM)

  Prediksi Perilaku Pelanggan yang Akurat

AI dapat menganalisis riwayat pembelian, preferensi, dan perilaku browsing Pelanggan untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan. Jadi, perusahaan dapat proaktif menawarkan solusi yang tepat.

  Segmentasi Pelanggan yang Lebih Cerdas

AI dapat mengidentifikasi pola dalam data Pelanggan untuk mengelompokkan mereka ke dalam segmen yang lebih kecil dan lebih relevan. Sehingga, perusahaan dapat mengirimkan pesan pemasaran yang lebih optimal.

  Layanan Pelanggan yang Lebih Cepat dan Efisien

AI Chatbot dapat menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time, 24/7. Chatbot ini dapat membantu mengidentifikasi masalah Pelanggan dengan lebih cepat dan akurat, sehingga masalah dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan tuntas.

  Pengalaman Pelanggan yang Lebih Personal

CRM AI membuat interaksi Pelanggan lebih personal dengan memberikan rekomendasi yang relevan, menawarkan diskon khusus, dan meningkatkan layanan, sehingga menciptakan pengalaman belanja yang lebih memuaskan.

Suksesnya penerapan AI dalam manajemen hubungan dengan Pelanggan bergantung pada kualitas data dan kemampuan perusahaan untuk menggunakan wawasan AI, sehingga pelanggan merasa lebih dihargai dan loyal terhadap produk.

Solusi CRM untuk Bisnis Menengah

Salah satu CRM berbasis AI yang dirancang khusus untuk perusahaan menengah adalah Aivia. Berikut adalah beberapa fitur unggulan Aivia CRM yang dapat Anda manfaatkan:

●      Otomatisasi Pemasaran yang Mudah dan Terarah

Aivia CRM memungkinkan Anda melakukan tabulasi data secara efisien dan automate sebagian besar tugas yang terkait. Diperkuat dengan strategi atau arahan dari user perusahaan Anda untuk pengambilan keputusan akhir, akan memastikan bahwa setiap kegiatan pemasaran lebih optimal dan tepat sasaran, sesuai dengan tujuan bisnis dan kebutuhan pelanggan.

●      Analisis Data Real-time yang Mendalam

Dapatkan wawasan atau insight yang actionable secara instan dengan analisis data real-time Aivia. Lacak kinerja kampanye Anda, identifikasi tren pasar, dan buat keputusan yang data-driven untuk meningkatkan ROI pemasaran Anda.

●      Manajemen Layanan Pelanggan Terpadu

Sempurnakan pengalaman pelanggan dengan fitur manajemen layanan pelanggan terpadu Aivia. Tanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat, selesaikan masalah dengan efisien, dan tingkatkan tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

●      Kustomisasi yang Fleksibel

Aivia dirancang untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan bisnis Anda yang unik. Dengan antarmuka yang user-friendly dan opsi kustomisasi yang luas, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan CRM Anda sesuai dengan perkembangan bisnis Anda.

Aivia memungkinkan integrasi dengan berbagai alat bisnis serta memfasilitasi sinkronisasi data yang membantu pekerjaan manusia dalam meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan.

Keunggulan di atas senada dengan apa yang diutarakan oleh Emilia, CEO Aivia.

"Teknologi dan AI hadir untuk memperkuat kemampuan manusia, dan kami percaya dengan keberanian usaha skala menengah untuk menikmati transformasi digital AI dengan CRM AI dari Aivia, yang dirancang secara human-centric dan dapat memperkuat perusahaan untuk terus bertumbuh." Ungkap Emilia saat  menjelaskan pentingnya teknologi CRM berbasis AI bagi perusahaan skala menengah dan bertumbuh.

Jadi, apabila Anda memiliki atau memegang posisi strategis di sebuah perusahaan, saat ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memanfaatkan CRM berbasis AI untuk meningkatkan daya saing bisnis.

Untuk memulai transformasi AI perusahaan Anda, hubungi Tim Aivia CRM melalui aivia.me dan temukan solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Reporter: Native Team
Editor: Indah Sulistyorini
Tag

TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×