kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.50%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%
NATIVE /

Startup Digital peserta HUB.ID bersiap mendapatkan investor baru di Demo Day HUB.ID


Sabtu, 13 November 2021 / 08:00 WIB
Startup Digital peserta HUB.ID bersiap mendapatkan investor baru di Demo Day HUB.ID
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Program HUB.ID yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru saja merampungkan rangkaian kegiatan business mentoring, business matchmaking, dan roadshow Networking Session di sepuluh (10) kota di Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, keterbatasan sumber daya dan akses permodalan merupakan tantangan besar bagi pelaku startup. “Dengan mengidentifikasi kebutuhan tersebut, maka program HUB.ID berperan untuk dapat membantu mempertemukan startup Indonesia dengan mitra penting di bidangnya serta calon investor yang tepat. Bahkan mereka juga berpeluang untuk menemukan potensi kerja sama bisnis baru yang dapat membantu meningkatkan skala bisnis startup digital” tuturnya.

Networking Session telah digelar secara offline sejak September 2021 di antaranya di Surabaya, Makassar, Medan, Balikpapan, Bandung, Denpasar, Batam, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Manado.

Kegiatan tersebut juga diisi oleh berbagai sesi lain, seperti diskusi panel terkait perkembangan inovasi dan startup. Selain itu, peserta juga berkesempatan untuk memperkenalkan produknya kepada Pemerintah Daerah melalui presentasi. Setiap kota tujuan roadshow turut dihadiri oleh perwakilan Pemerintah Daerah setempat, misalnya Wakil Gubernur Surabaya Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus, M.Sc.

Wakil Gubernur Surabaya Emil Dardak mengatakan Jawa Timur memiliki ekonomi terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai hampir 40 juta. Angka ini menunjukkan bahwa provinsi ini punya potensi besar yang dapat dieksplorasi lebih jauh. "Ekosistem di Jawa Timur memiliki ketertarikan untuk berkolaborasi dengan program akselerator semacam ini. Semoga kami dapat mencapai hal itu dengan sinergi yang kami bangun di Jawa Timur," ucap Emil.

Lebih lanjut, program HUB.ID kini tengah bersiap memasuki agenda puncak Demo Day yang akan digelar secara hybrid di Hotel Mulia Senayan, Jakarta pada tanggal 17-18 November 2021. Seluruh rangkaian acara Demo Day akan dihadiri oleh perwakilan dari venture capital (VCs), angel investor, community partner, korporasi swasta, BUMN, instansi pemerintah, serta media partner.

Setiap startup juga telah dibekali dengan pelatihan presentasi (pitch training) dari seorang Pitch Trainer kenamaan, Peter Browne dari Intangible Communication, dengan tujuan agar para startup digital peserta HUB.ID dapat mempresentasikan inovasi dan bisnis mereka secara meyakinkan di hadapan para investor.

HUB.ID merupakan program akselerator bagi startup digital yang berfokus pada pembukaan akses kerjasama, sinergi, dan investasi melalui business matchmaking dan networking session, serta demo day. Dari total pendaftar sebanyak 481 startup, HUB.ID mendapatkan 43 (empat puluh tiga) startup digital yang berasal dari tujuh vertikal industri, antara lain Agriculture & Aquaculture, Healthcare, Education, Logistics, Tourism, Finance, Smart City/Government Solution. Berita terkini mengenai program ini dapat diakses melalui website www.hub.id.

Selanjutnya: Valuasi IHSG Naik, Tapi Masih Wajar


Reporter: Native Team
Editor: indah sulistyorini

TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

×